by

Inilah Cara Beli Tiket Kereta Api

Tiket Kereta Api – Melonjaknya harga tiket pesawat membuat penggunanya memilih transportasi lain yang lebih murah seperti kereta api maupun kapal laut. Namun, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara memesan tiket kereta api baik secara online maupun offline, simak berikut ini.

Pemesanan via Offline

         Pemesanan tiket secara offline memang terkesan dipercaya karena pengguna sendiri menerima langsung dari pegawai. Tetapi, pemesanan tiket kereta api secara offline mengharuskan Anda mendatangi langsung loket stasiun, mini market, atau vending machine.

         Pemesanan tiket kereta api melalui loket stasiun biasanya dilayani pada pukul 9 hingga 4 sore. Sedangkan diluar jam tersebut, Anda dapat membelinya secara go show atau untuk keberangkatan hari itu juga di loket stasiun yang mulai beroperasi pada pukul 4.30-22.00 setiap harinya.

Sedangkan pemesanan lewat mini market, Anda diwajibkan memberi informasi berupa informasi tujuan, stasiun keberangkatan, serta tanggal keberangkatan Anda. Kemudian pilih kelas kereta yang Anda inginkan, apakah akan memilih ekonomi, bisnis, atau eksekutif.

Selanjutnya, input data pelengkap lain seperti KTP, Paspor, SIM, serta berkas-berkas identitas lain. Anda cukup menyebutkan nama dan nomor identitas, sehingga bagi Anda yang tak ingin repot menghabiskan tenaga bisa menyuruh orang lain untuk pergi ke mini market. Lalu setelah membayar, Anda akan mendapat kode booking.

Memesan tiket kereta api melalui vending machine atau e kiosk hanya terdapat di beberapa stasiun besar saja. Beberapa diantaranya ialah Malang, Pasar Turi, Mojokerto, Gubeng, dan beberapa stasiun tertentu.

Tiket Kereta api

Sesuai mesinnya, untuk menggunakan e kiosk ini diperlukan sejumlah nominal uang ke dalamnya. Barulah pemesan bisa memesan tiket kereta api. Langkah selanjutnya ialah menyertakan tanggal keberangkatan, stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Setelah semua langkah dilakukan, Anda bisa memilih kelas kereta mana yang diinginkan.

Karena pemesanan tiket kereta api ini memakai mesin, maka tidak ada uang kembalian dari vending machine tersebut. Jadi sebaiknya gunakan uang yang pas bila menggunakan mesin tersebut.

Pemesanan via Online

Perbedaan pemesanan tiket kereta api secara online dan offline adalah kemudahan. Memesan tiket secara online tentu tidak mengharuskan pemesan repot-repot keluar rumah hanya untuk menyambangi mini market atau loket stasiun. Pemesan juga bisa membooking tiket dimana saja dan kapan saja.

Situs penyedia tiket pun sangat variatif. Anda bisa memilih aplikasi atau website resmi yang diinginkan untuk memesan tiket kereta api. Beberapa aplikasi yang menyediakan tiket ialah Traveloka, Tokopedia, Shopee, dan sejumlah aplikasi jual beli online lain. Sedangkan sejumlah website terpercaya ialah KAI Acces, Tiketkai.com, dan lainnya.

Cara memesannya pun cukup mudah. Pertama, Anda harus membuka website atau aplikasinya. Lalu tentukan di stasiun mana Anda akan berangkat dan tiba di tujuan. Jangan lupa untuk menginput tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang yang disertakan.

Setelah itu, ada beberapa pilihan kereta api dan kelas-kelasnya, tertera pula harga tiket sesuai kelas yang Anda inginkan. Pilih, lantas masukkan nama dan lengkapi identitas penumpang yang akan berangkat untuk menyelesaikan transaksi. Berhati-hatilah dalam menginput data tersebut, sebab bisa mengakibatkan tidak dapat naik kereta api pada proses boarding.

Tiket kereta api yang sudah dibooking bisa diubah atau dibatalkan dengan dikenakan biaya 25% dari biaya pembelian tiket. Jadi, ada baiknya memesan tiket kereta api jika sudah fix saja sehingga tidak perlu dilakukan pembatalan pemesanan tiket kereta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed